Krisis Suriah

25 11 2012

Sejak krisis Suriah mengemuka di awal Maret 2011, berulang kali mortir ditembakkan ke arah Libanon dari wilayah Suriah. Pemerintah Libanon sendiri sudah dua kali mengajukan protes kepada rezim Bashar Assad. Sementara itu rezim diktator Assad menuduh Libanon membiarkan Pasukan Revolusi menyeberang dan mendistribusikan senjata melalui perbatasan Suriah-Libanon.
Selain Libanon, rezim Suriah juga bersitegang dengan negara tetangga lainnya seperti Turki dan Yordania. Pekan lalu hubungan Suriah dan Turki semakin memanas akibat serangan mortir militer Suriah ke wilayah Turki yang menewaskan lima warga Turki.
Negara-negara Barat telah menyerukan Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mundur, tapi Iran, Rusia, dan Cina menentang keras manuver Barat untuk menggulingkan Assad. Setelah diberi mandat oleh PBB, Brahimi aktif melakukan penjajakan dan dialog dengan negara-negara berpengaruh untuk mencari solusi atas krisis di Suriah. Oleh karena itu, kontak dengan Iran termasuk salah satu agenda kerja Brahimi. Jauh sebelum itu, Brahimi juga telah melakukan pembicaraan dengan oposisi Suriah dan pejabat tinggi negara-negara regional, termasuk Arab Saudi.
Realita saat ini adalah demokrasi merupakan solusi tunggal untuk menyelesaikan krisis Suriah, akan tetapi demokrasi tidak akan dicapai dengan menyelundupkan senjata serta mendukung kekerasan dan terorisme. Masyarat internasional harus memberi kesempatan kepada rakyat Suriah untuk memutuskan secara bebas apa yang menjadi keinginan mereka. Mereka harus diberi peluang untuk menentukan masa depan negaranya. Bahwa saat ini yang rakyat Suriah inginkan adalah diterapkannya syari’ah Islam atas diri mereka. Namun, tidak akan tegak syari’ah tanpa khilafah.

oleh: rahmahel (dari berbagai sumber)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: