Jika BBM Naik, 20 Persen Perusahaan Siap Gulung Tikar

22 03 2012

closed
YOGYAKARTA, – Jika pada 1 April mendatang, pemerintah benar-benar menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) Rp 1.500/liter, menyedihkan memang. Betapa tidak ! Karena sedikitnya 20 persen atau 260 dari 1300 perusahaan siap-siap gulung tikar. Perusahaan itu tidak akan mampu mengejar ongkos produksi yang meningkat. Di sisi lain adanya tuntutan kenaikan penghasilan. Anggota Dewan Penasihat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Taufik Ridwan dalam perbincangan dengan wartawan di Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (22/3/2012) tentu, tak mengada-ada.
“Pengalaman sebelumnya, kenaikan harga BBM menjadikan 12 persen perusahaan yang gulung tikar,” kata dia bahwa dampaknya maksimal bisa terjadi setelah 2 tahun kenaikan harga dan bahkan dalam 5 bulan telah terasa.
Lalu dia menunjuk contoh perusahaan menengah di bidang ekspor impor di Bantul misalnya, sudah mulai kelimpungan. Yang paling terpuruk menurut dia, pengusaha yang bergerak di bidang parawisata. Banyak orang akan memilih tidak berwisata.
Masih menurut Taufik, para pengusaha sudah ancang-ancang mengencangkan ikat pinggang dan melakukan pemangkasann biaya produksi.
“Tak menutup kemungkinan juga akan ada PHK,” ujar dia.
Sebagai pengusaha, dia mengaku bisa memahami kenaikan harga BBM. “Imbal baliknya, pemerintah juga bisa memberi keringanan kepada pengusaha,” Taufik menunjuk contoh misalnya kernganan pajak pendapatan. Karena masalah ini sudah memasuki ranah politik, pengusaha mati langkah.(yus/sr)


Aksi

Information

One response

17 11 2013
Farid

Wah setiap tahun BBM naik nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: