Desakan Eropa Untuk Akhiri Krisis Utang Mereka

3 02 2012

crisis
Syabab.Com – Para pemimpin keuangan global memperingatkan bahwa tidak ada negara yang kebal terhadap krisis utang di Eropa. Mereka juga menyerukan pemerintahan Eropa memberlakukan sebuah resolusi mengakhiri krisis. (Indonesia Finance Today, 30 Januari 2012).

Para penentu kebijakan mulai dari Hongkong hingga Kanada menggunakan hari terakhir pertemuan World Economic Forum untuk mendesak para pemimpin negara zona euro untuk menambah kapasitas pembiayaan dana talangan (bailout) untuk melindungi Italia dan Spanyol. Pemimpin keuangan global di Davos juga menekan Yunani dan kreditornya untuk mencapai kesepakatan soal pemangkasan utang Yunani.

“Saya belum pernah merasa setakut ini mengenai kondisi dunia saat ini,” kata Donald Tsang, Chief Executive Hong Kong di Davos. “Tidak ada satu negara pun yang kebal. Kita memerlukan tindakan tegas. Kita perlu mengembalikan kepercayaan,” katanya.

Nouriel Roubini, salah seorang pendiri Roubini Global Economics LLC, mengatakan Yunani akan dipaksa keluar dari pasar tunggal euro dalam 12 bulan ke depan. “Zona euro adalah kereta rusak yang berjalan lambat,” kata Roubini.

Sistem Ekonomi Islam Solusi Atas Krisis Ekonomi Dunia

Dunia Barat telah mengalami beberapa krisis yang disebabkan oleh sistem Kapitalisme yang mereka jalankan. Kapitalisme dibangun berlandaskan kebebasan pasar atau kebebasan ekonomi dan pandangan klasik yang menolak intervensi negara. Pandangan ini mengadopsi konsep invisible hand dan keseimbangan ekonomi yang terjadi dengan sendirinya. Sistem ini mengemban program yang dipropagandakan oleh Adam Smith yaitu konsep laissez faire yang mengharuskan negara untuk tidak turut campur dalam mekanisme pasar.

Ketika krisis ekonomi di barat terjadi tahun 1929, Keynes seorang pemikir ekonomi terkemuka mengemukakan tentang perlunya melakukan perbaikan atau modifikasi atas slogan klasik sistem ini, dan menganjurkan agar negara melakukan intervensi pada mekanisme pasar. Dan barat pun mempraktikkannya. Hingga tahun 80-an, negara menahan diri dari mengintervensi pasar, dan sekarang mereka melakukannya kembali.

Hanya system ekonomi Islam –dengan konsep politik ekonomi Islam, konsep pengaturan harta, system moneter Islam, larangan praktek riba, mekanisme distribusi dan kepemilikan harta, larangan bursa saham –yang dapat memberikan solusi bagi krisis ekonomi dunia saat ini. System ekonomi komunis telah ambruk dan system kapitalisme semakin rapuh. Tiba waktunya tegak kembali negara Khilafah yang akan menerapkan system ekonomi Islam sebagaimana yang pernah diterapkan selama 13 abad. Insya Allah.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: