Kasus Bima dan Mesuji, Elite Polri Lepas Tangan?

24 01 2012

JAKARTA-Ini soal Bima. Bima, polisi. Keputusan Rapat Pimpinan Polri yang memberi peluang kepada para bawahan untuk membantah perintah komandannya di lapangan memicu kritik keras dari kalangan aktivis yang menilai bahwa hal tersebut dimungkinkan hanya untuk memberi peluang kepada para komandan lapangan dan petinggi Polri untuk menghindari jerat hukum.
“Itu cuma upaya ngeles dari para Jenderal. Penegasan bahwa kejadian dilapangan hanyalah ulah oknum dan prajurit berpangkat rendah, bukan kesalahan dari kebijakan atau rantai komando polisi. Mereka saya yakin mau cuci tangan atas peristiwa di Mesuji, Bima dan lain-lain,” tutur Mustar Bona Ventura, aktivis Benteng Demokrasi Rakyat, Senin (23/1/2012), menyoroti hasil rapim polri yang diumumkan kemarin.
Mustar menuturkan hal tersebut dilakukan hanya untuk menghindarkan Jenderal-Jenderal Polisi dari jerat hukum yang memungkinkan mereka dipenjara. “Mereka bisa dipidana karena ada aturan bahwa prajurit dilarang melanggar perintah atasan. Dengan membuka peluang tersebut maka dengan gampang jenderal polisi bisa bilang oh, itu inisiatif prajurit lapangan bukan kami, atau itu diluar tanggung jawab kami,” tandasnya.
Menurut mantan aktivis 98 tersebut langkah itu justru merupakan blunder besar bagi kepolisian dimana potensi kekerasan, pelanggaran HAM dan penyelewengan justru dibuka lebar. “Dan dengan mudah para komandan ngeles saat diminta pertanggungjawaban atas komando mereka nantinya. Ini justru bukti betapa korup dan kejamnya para petinggi Polri,” tudingnya.
Bagaimana mungkin, lanjut Mustar aparat bergerak tidak dibawah komando. Karena menurutnya justru fungsi kontrol dan pengawasan prajurit dilapangan dan institusi akan lebih tertata bila fungsi komando diterapkan. “Ini lucu-lucuan yang tidak lucu dari Kepolisian. Bukti betapa bobroknya institusi itu sejak dipimpin seorang pelanggar HAM, Timur Pradopo yang hanya jadi ‘Yes Man’ pembela SBY dan pengusaha dibanding pelindung dan pengayom masayrakat,” pungkas Mustar.(sumber-sumber/rim)

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: