Inilah Demokrasi: “Ketua Komisi di DPR dan Menteri Wajib Setor Uang ke Partai, Nominalnya Rp500 Juta-1 Milyar?”

22 09 2011

DSC_0344.JPG (640×428)JAKARTA, – Pengajar program studi Ilmu Politik Universitas Indonesia Boni Hargens menuding sejumlah kementerian dan ketua komisi di DPR dipaksa bendahara partai menyetor uang sekitar RP500 juta hingga Rp1 miliar setiap minggu dan bulan.
“Informasi ini saya dapat langsung dari mereka. Ini fakta. Betapa moral politik partai di Indonesia begitu buruk. Saya tidak bisa sebutkan nama menteri dan ketua komisi yang bersangkutan,” terangnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9).
Boni merinci, seorang ketua komisi di DPR dipaksa bendahara partai untuk mencari uang Rp500 juta per satu minggu. Namun, ketua komisi bersangkutan kesulitan dan tidak sanggup. Sang ketua komisi pun menawarkan agar penyetoran uang ke bendahara partai tidak dalam waktu seminggu tetapi 10 hari dengan jumlah Rp500 juta.
Menurut Boni, salah satu pimpinan komisi basah tersebut menceritakan bahwa dirinya bingung dibebani kewajiban setoran hingga Rp500 juta per minggu. “Sebab kalau tak bisa memenuhi setoran itu, posisinya juga terancam. Sewaktu-waktu bisa dicopot. Apalagi ini salah satu komisi basah di DPR,” kata Boni.
Hal yang sama juga dialami menteri. Menurut Boni, kementerian tertentu yang dianggap basah memang dimanfaatkan partai untuk mencari modal Pemilu 2014.
Boni, mengutip apa yang diceritakan menteri tertentu. Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dibebani target setoran yakni Rp1 miliar per bulan untuk kas partai politik. “Jadi benar kalau dibilang reshuffle ini hanya untuk persiapan menjelang Pemilu 2014. Kalau menterinya tidak memenuhi setoran, sangat mungkin di-reshuffle,” tegasnya.[MI/Mtv/rima]

Iklan

Aksi

Information

2 responses

22 09 2011
dreamlandaulah

wa’alaikummussalam..
syukron sudah berkunjung kblog ini

22 09 2011
fadrin

assalamualaikum shabab… blognya bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: