Kota Kandahar Dibumihanguskan Taliban

8 05 2011

Taliban melakukan serangan besar ke gedung-gedung pemerintah di seluruh Kandahar, kota terbesar di selatan Afghanistan.
Kota kandahar dibumihanguskan pejuang Tiliban, di mana koalisi yang dipimpin Amerika Serikat dan pasukan Afghanistan sedang mencoba untuk membangun keamanan dan mengambilkan sistem pemerintahan di wilayah itu.
Serangan hari Sabtu adalah terbaru dalam serangkaian serangan oleh Taliban di seluruh gedung dan instansi pemerintahan di Kandahar. Serangan ini telah memporakporandakan seluruh bangunan yang ada di Kandahar. Sehingga, kota mengalami kehancuran.
Pemerintah dan pejabat rumah sakit mengkonfirmasi bahwa Gubernur Provinsi Kandahar, kantor walikota dan kantor-kantor badan intelijen semua diserang, bersama dengan sejumlah kantor polisi.
Lutfullah Mashal, seorang juru bicara Dinas Intelijen Afghanistan, mengkonfirmasi serangan terhadap rumah gubernur dan gedung-gedung pemerintah lainnya dengan “orang bersenjata tak dikenal”, ujarnya Sabtu sore kepada para wartawan.
“Kami tidak memiliki informasi tentang sebab-sebab atau informasi lain para penyerang,” kata Mashal. Dia menambahkan bahwa polisi memiliki kontrol kota, tetapi pertempuran itu terus berlangsung berjam-jam, sampai tengah malam.
James Bays, koresponden Al Jazeera di ibukota, Kabul, melaporkan bahwa RPG mendarat 300 meter dari kompleks gubernur. Hal itu tidak jelas apakah Gubernur Kandahar Wesa berada di kompleks.
Bays melaporkan bahwa serangan itu dilaporkan dari dekat sebuah penjara di bagian barat kota, di mana Taliban bulan lalu telah membantu ratusan tahanan melarikan diri.
Ahmed Wali Karzai, ketua dewan provinsi, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pihak berwenang sedang berusaha untuk menguasai kembali kontrol, tetapi pejuang Taliban masih bersembunyi di beberapa tempat pusat kota.
Taliban mengatakan sejumlah besar pejuang mereka membanjiri kota Kandahar dengan tujuan menargetkan setiap bangunan yang digunakan oleh pemerintah.
“Serangan kami terhadap setiap tempat di mana pejabat pemerintah atau aparat keamanan yang ditemukan,” kata Qari Yousef Ahmadi, juru bicara Taliban, Kantor berita Associated Press melalui telepon.
Ketika pertempuran berkobar, Zalmai Ayubi, seorang juru bicara pemerintah, mengatakan melalui telepon dari dalam sebuah ruangan yang aman di kompleks gubernur bahwa “Taliban menyerang sejumlah lokasi yang berbeda”.
Ayubi menegaskan bahwa gubernur, kantor walikota dan kantor polisi berada di bawah serangan.
Setidaknya 24 terluka telah dibawa ke rumah sakit kota utama oleh sore – 14 warga sipil dan 10 polisi, menurut dokter gawat darurat yang hanya memberikan satu nama, Irsan.
“Banyak orang telah tewas,” kata Ahmadi. Penembakan di kompleks itu difokuskan di bagian belakang, dekat kediaman gubernur. Setidaknya dua ledakan yang lebih besar juga didengar.
‘Ofensif Spring’
Taliban tampaknya bertekad untuk membuktikan kekuatan mereka setelah musim dingin yang memukul mundur mereka. Minggu lalu, mereka mengumumkan awal dari “ofensif musim semi” mereka terhadap pasukan koalisi pimpinan Amerika dan pemerintah Afghanistan.
Kandahar, tempat kelahiran Taliban, telah menjadi fokus operasi militer untuk tahun terakhir, dengan komandan mengatakan mereka telah membuat keuntungan, tetapi kualifikasi kesuksesan dengan terming mereka “rapuh” dan “reversible”.
Serangan itu juga datang sehari setelah Taliban mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa pembunuhan Osama bin Laden akan meningkatkan semangat pemberontakan dan mengancam bahwa mereka akan menunjukkan kekuatan mereka.
“Para martir dari Sheik Osama bin Laden akan memberikan dorongan baru bagi jihad saat melawan penjajah,” kata kelompok itu dalam pernyataan hari Jumat.
“Waktu yang akan datang akan membuktikan hal ini baik untuk teman-teman dan musuh.” Namun Ahmadi mengatakan ini bukan serangan balas dendam atas kematian bin Laden tapi plot yang telah di bekerja selama berbulan-bulan.
“Operasi ini telah direncanakan untuk waktu yang lama, selama sebulan terakhir atau dua,” kata Ahmadi.
“Dalam operasi pembunuhan Osama bin Laden dinas intelijen Afghanistan tidak secara langsung terlibat, tetapi intelijen Afghanistan memberikan berbagi informasi tentang keberadaan Bin Laden kepda CIA,” melalui dinas Intelijen Afghanistan Lutfullah Mashal.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: