DPR Habiskan Anggaran Rp 15 Miliar, Buat Apaan yaa..?

5 05 2011

JAKARTA, – Meski banjir protes terus mengalir, DPR tetap saja bersafari ke sejumlah negara dengan alasan studi banding. Tidak tanggung-tanggung, anggaran kunjungan ke luar negeri DPR dalam sebulan terakhir mencapai Rp 15 miliar.
Komisi Politik DPR dengan tujuan kunjungan Amerika Serikat, Turki, Rusia, Prancis, dan Spanyol telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 5,5 miliar. Sedangkan biaya perjalanan Komisi Ketenagakerjaan dan Pendidikan DPR ke Spanyol serta Cina mencapai Rp 1,9 miliar. Komisi Agama dan Kesra DPR yang juga berkunjung ke Cina serta Australia hanya untuk mempelajari kemiskinan maupun kesejahteraan rakyat anggaran perjalanannya Rp 1,4 miliar.
Tak hanya itu, Komisi Hukum DPR yang tengah mendalami RUU Imigrasi juga mengunjungi Jerman dengan biaya perjalanan Rp 1,2 miliar. Komisi Pemerintahan dan Otonomi DPR yang berkunjung ke India menelan anggaran Rp 453 juta.
Anggaran terbesar hingga Rp 3,4 miliar dilakukan Badan Urusan Rumah Tangga untuk berkunjung ke Inggris dan Amerika Serikat. Sedangkan perjalanan Ketua DPR Marzuki Ali ke Irak mencapai Rp 618 juta.
Lalu apa pendapat masyarakat soal kunjungan ke luar negeri para wakil rakyat. “Itu akal-akalan DPR untuk jalan-jalan,” kata seorang warga Jakarta yang tak ingin disebutkan namanya. “Kelihatan jalan-jalannya saja, karena kita tidak merasakan efek dari studi banding (DPR),” ucap warga Jakarta lainnya.
Studi banding para Wakil Rakyat ke luar negeri apapun alasannya tetap dipertanyakan. Sebab, saat ini efektifitas dan manfaatnya masih dipertanyakan. Apalagi, jika dijadikan siasat untuk jalan-jalan gratis.(yus/lip6)

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: