Pertamax Sentuh Rp9.000/Liter, Subsidi BBM Melonjak!

3 05 2011

JAKARTA, – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku akan ada kenaikan subsidi dengan melonjaknya harga pertamax.
“Pasti ada kenaikan subsidi, karena volume BBM subsidi akan menambah tinggi,” ujar Bambang di Jakarta.
Bambang menjelaskan jika kenaikan harga pertamax yang akan berefek ke premium sudah menjadi exercise pemerintah. “Kami sudah melakukan simulasi, tetapi belum untuk publikasi yang penting defisit dijaga tidak dua persen terahdap Product Domestik Bruto,” terangnya.

Pengamat Perminyakan Pri Agung Rakhmanto menerangkan pasti ada potensi pembengkakan subsidi akibat naiknya harga pertamax. “Sekira lima sampai 10 persen pengguna pertamax akan beralih menggunakan BBM subsidi,” jelasnya.
Menurut Pri Agung harga pertamax tahun ini bakal bertahan pada kisaran Rp.8.000 sampai Rp.9. 000. “Namun sulit memperkirakan besarannya subsidi yang akan tersedot akibat banyaknya migrasi, karena ini masih hari pertama kenaikan pertamax,” tuturnya.
Seperti diberitakan sebelumnya PT Pertamina (Persero) kembali menaikkan harga bahan bakar minyak nonsubsidi jenis pertamax terhitung 1 Mei 2011 pukul 00.00 WIB. Harga BBM non-subsidi Pertamina yang terdiri dari Pertamax/Bio Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamina Dex di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami kenaikan mulai dari Rp200-Rp350 per liternya.(ian/oz)

(globalmuslimcommunty/3/05/2011)

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: