LEMBAGA SOSIAL MASYARAKAT

25 11 2012

LSM

LSM adalah Lembaga swadaya masyarakat atau sering juga disebut lembaga sosial masyarakat,LSM menspesialisasikan dirinya dalam bidang sosial. LSM Lahir dari kekecewaan beberapa aktivis ’66 yang sangat berharap Orde Baru melakukan perubahan dan perbaikan di segala bidang, terutama ekonomi. Harapan tersebut ternyata tidak menjadi kenyataan. LSM segera menyatakan diri independen dari negara, bekerja memperkuat posisi masyarakat sipil. Namun muncul perkembangan berikutnya sehubungan dengan sentralisme negara dalam melaksanakan politik pembangunan yang tidak menyertakan kepentingan rakyat. alur-jalur LSM juga banyak mendorong lahirnya organisasi-organisasi wanita, konon setelah melihat kaum wanita juga menjadi korban yang diperparah oleh adanya politik gender Orde Baru. Organisasi wanita LSM mempunyai sikap dan peran politik menolak kooperasi Orde Baru. Juga membela dan membawa suara wanita yang terepresi Orba.
Itu tadi sedikit sejarah singkat tentang LSM.Pada dasarnya LSM sama dengan gerakan lainnya,yang pastinya memiliki tujuan dan memiliki ide serta cara-cara dan orang-orang yang katakanlah kompeten dalam bidang LSM ini untuk menjalankan alur kegiatannya(gerakan). Adapun seperti dalam kitab Takatul Hizbiyah,gerakan ini dinamakan gerakan jam’iyah, jika merujuk dari kitab,maka bisa diidentifikasi setiap syarat dari gerakan LSM tersebut,yakni :
• FIKRAH
Fikrah atau ide dasar dari LSM ini banyak dipengaruhi oleh sistem yang diemban oleh suatu negara,layaknya gerakan sosial lainnya maka LSM juga memiliki fikrah yang tujuannya untuk kepentingan sosial dan pendidikan (katanya),mereka mendasarkan fikrah mereka pada hal-hal yang sebenarnya samar. Lembaga (organisasi) ini telah menjadi saluran perasaan-perasaan umat yang menggelora (menuntut adaya perubahan) dalam artian ketika umat sudah sadar dengan kondisi yang sama sekali tidak menguntungkan mereka bahkan merugikan dan tidak sedikitpun memberi kesejahterakan bagi mereka,seperti mahalnya pendidikan dan pengobatan,maka LSM bak pahlawan kesiangan datang dan memenuhi semua keinginan-keinginan ini dengan berbagai thariqah yang mereka jalankan. Mereka mendakwakan diri sebagai lembaga anti kekerasan,peduli sosial dan siap membantu khususnya ketika bencana Alam,akan kita saksikan banyak sekali organisasi sosial baik yang kecil maupun besar turun tangan membantu masyarakat misal memberikan sumbangan dan sebagainya.Tadi sudah dikatakan bahwa gerakan sosial akan mengikuti sistem yang dianut oleh negara dimana LSM itu sendiri berada. Perlu diketahui LSM telah mendapat sokongan besar dari bangsa barat, mereka bahkan membiayai segala aktivitas dari gerakan sosial ini sehingga modal LSM besar dan bisa membantu masyarakat. Dan kondisi ini semakin menambah kelalaian masyarakat karena merasa aman dengan adanya LSM,mereka disilaukan oleh kebaikan semu yang ditawarkan oleh LSM komprador, sehingga umat yang telah siap untuk bangkit kembali layu. Itulah propaganda barat mereka tidak pernah membiarakan Islam itu bangkit bahkan sekalipun mereka rugi untuk menghalangi Kebangkitan itu,bahkan dari segi lembaga yang pencitraannya baik di mata masyarakat. Jangan lupa HAM salah satu LSM yang membela Ahmadiyah yang menggunakan asas kebebasan beragama.
• THARIQAH
Thariqah yang ditempuh oleh LSM ini merupakan refleksi dari Fikrahnya,Kita telah ketahui tadi fikrah dari LSM berkiblat kepada kaum imperealis. Thariqah paling umum yang kita jumpai dari gerakan sosial ini adalah aktivitas-aktiviyas pencitraan melalui kegiatan sosial dan pendidikan,hanya didua bidang itu saja.Diantara organisasi sosial yang banyak berkembang saat ini tidak ada satupun yang berhaluan politik,sehingga sudah jelas mereka sebenarnya tidak ingin mengurusi umat,karena kita tahu politik itu adalah agenda mengurusi umat. LSM memang tidak bertujuan kesana mereka keberadaannya malah dengan tujuan terselubung yang banyak orang tidak mengetahuinya yakni melenakan umat.Organisasi-organisasi sosial semacam ini tidak memberikan manfaat kecuali sekedar tempat untuk berkumpulnya ribuan anak-anak ataupun tempat obral bantuan gratis.Inilah uslub yang mereka tempuh,dimata umat apa yang mereka lakukan melalui thariqah-thariqahnya merupakan aktivitas yang bermanfaat dan membwa kebaikan bagi masyarakat.Sehingga karena antusiasme masyarakat dan kesalahan penafsiran inilah, lembaga sosial ini bukannya berkurang malah makin bertambah dan sudah ada yang merambah kepedasaan. Dan isu yang paling sering mereka gencerkan dan juga paling disuka oleh masyakarat adalah isu HAM yang sejatinya merupaka cetusan dari barat.HAM telah mengakar kuat dan menjadi tolak ukur paling dominan tindakan manusia khususnya Indonesia dan yang paling sering kita dengar terutama dari segi agama,dan posisi wanita,mereka (LSM) adalah orang-orang yang telah dbekali ide yang kufur,mereka tenar khususnya di kalangan WANITA dan kaum lemah lainnya. Wanita khususnya merupakan sasaran empuk dari LSM karena sifatnya yang kadang didominasi oleh perasaan ditambah lagi isu2 kesetaraan gender yang dibawa oleh LSM maka semakin banyak saja yang mendudkung mereka,khususnya kaum feminis. Anak-anakpun menjadi salah satu subjek yang mereka jadikan alat untuk geraknya tokh banyak kan lembaga perlindungan anak.
• ORANG-ORANG YANG BERADA DIDALAMMYA
Dengan memperhatikan fikrah dan thariqah diatas maka pasti bisa disimpulkan orang-orang yang berada didalamnnya adalah orang yang begitu menghargai kebebasan,suka melakukan tindakan sosial namun sayang tidak memahami dan memberi solusi yang menyeluruh.Orang-orang yang berada didalamnnya pastilah orang yang berpendidikan,namun pendidikan yang mereka terima adalah pendidikan liberalis, bahkan tak jarang sosialis,mereka menghargai perbedaan dan sangat menyanjung toleransi namun sejatinya mereka sindiri tidak berlaku adil pada beberapa kesempatan,khususnya untuk Islam.Islam bagi orang-orang ini dianggap berbahaya karena menolak adanya perbedaan dan mereka khawatir jika Islam itu tegak bisa-bisa non Islam tidak punya tempat.Mereka mengaku adil tapi menutup telingan untuk Islam.Orang-orang seperti ini tak jarang juga berkumpul dalam organisasi sosial karena adanya asaa kepentigan.Bisa jadi sebagai ajang unjuk gigi,pamer kebaikan,cari muka depan masyarakat tentunya tidak menyingkirkan asumsi pencitraan.Orang-orang seperti ini tidak akan bertahan lama karena setelah kepentingan itu hilang mereka juga akan berhenti dalam berbuat baik atau ketika semangat untuk berbuat baik itu luntur mereka akan terhenti.
• IKATAN
Layaknya partai non shahih ikatan yang berada disini adalah ikatan kepentingan beberapa ada yang mengatakan karena rasa prihatin dan kasihan. Tapi sampai berapa lama rasa prihatin dan kasihan itu,bisakah rasa itu menyelesaikan permasalahan umat?.Bisakah kemiskinan itu tuntas hanya dengan mereka turun tangan bagi-bagi beras dan lain-lain? Yang seperti ini justru melenakan umat,mereka jadi pasif hanya menunggu dibantu tidak mau bergerak maju.Jadi benarkah rasa kasihan ini? Sebenarnya tidaklah salah rasa kasihan itu karena memang fitrah manusia punya rasa ini.Akan tetapi jika ikatan sebuah lembaga karena rasa ini maka bisa dipastikan tidak ada perubahan yang wah bagi orang yang dikasihani karena solusi yang ditawarkan itu sifatnya parsial.Ikatan seperti ini tidak akan bertahan lama,karena sudah fitrahnya manusia tidak bisa tetap berada dirasa yang sama,mereka punya banyak orang yang harus diurusi,jadi rasanya mustahil. Ada berapa banyak sih anak putus sekolah dan orang miskin? Jangan jauh2 kedesa dikota saja kaum gelandangan masih berhamburan tokh organisasi sosial ynag turun tangan juga tidak bisa mengentaskan karena yang patut dikasihani itu bukan hanya satu atau dua orang tapi jutaan. Belum lagi adanya unsur kepentingan disana.misal cari simpatisan,pencitraan dan pengen dapat penghargaan sebagai lembaga sosial paling baik. Ini malah tambah kacau jadinya ikatannya.
Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan LSM pun ternyata bukanlah lembaga yang shahih yang bisa membawa pada kebangkitan yang diinginkan oleh umat.

PERMASALAHAN SEBENARNYA
Permasalahan sebenarnya dari masyarakat saat ini adalah sistem yang melingkupi mereka terlebih lagi masalah intinya adalah perkara kebangkitan,keberadaan Organisasi sosial tidak akan berdampak positif malah sebaliknya.Yang disoroti bukanlah aktivitas sosial mereka seperti bangun mesjid,sekolah sampai rumah sakit akan tetapi apa dampak yang diterima masyakarat dari pergerakan mereka itu? Jika dikaji apakah ada atau tidaknya organisasi sosial itu sama saja? Tidak. Tidak mungkin bisa dinyatakan seperti itu,keberadaan organisasi ini justru berbahaya,hanya saja bahaya ini tidak dipahami masyarakat kecuali kalau mereka mengamati secara mendalam dan meneliti bahaya yang dikandungnya tanpa memandang manfaat parsial yang diberikan kepada masyarakat. Lalu dimana letak bahayanya? Sebagaimana diketahui,umat saat initengah dilanda keterbelakangn,perpecahan,dan kemunduran berpikir.Kondisi semacam ini mengharuskan generasi kaum muslim,khususnya yang memiliki kesadaran dan keikhlasan untuk mengkaji unsur2 kebangkitan serta membangkitkan umat hingga mencapai posisi tertinggi. Sesungguhnya,umat saat ini tetap mengakui bahwa hanya Islamlah yang bisa memberikan kontribusi kearah yang lebih baik. Secara individu umat Islam itu masih memiliki suur Islam dan meyakini akidahnya.Karena itu mereka juga ada keinginan untuk bangkit dan bergabung denga gerakan yang shahih. Semangat mereka untuk bangkit tentulah begitu besar,seandainya organisasi sosial yang dimotori barat ini tidak ada tentulah tidak akan ada yang bisa meredam tekanan2 yang muncul dari kalangan umat secara teru-menerus akan tetapi dengan adanya LSM ini mata mereka seolah dibutakan,bahkan mereka dijadikan orang-orang malas yang bisanya hanya berpangku tangan dan LSM menyediakan diri untuk itu,mereka siap sedia menyambut aspirasi dan keluhan umat dengan menyiapkan solusi2 parsial dan menjanjikan perbaikan dan menjadikan umat berfikiran negatif terhadap Islam itu sendiri.

ISLAM MEMANDANG
Islam adalah agama rahmatanlil alamin,yang meyakini bahwa perubahan hanya bis terjadi jika umat itu benar2 sadar dan memahami realitas siapa sebenarnya mereka,dan yang paling penting tidak ada pihak yang mengacauankan konsentrasi mereka untuk menuju perubahan. Singga sangat perlu adanya pengokohan akidah dan penancapan keyakinan secara terus menerus oleh orang2 yang memahami realitas ini. Karean umat perlu disadarkan mereka terlalu lama berada dizona nyaman dengan manipulasi organisai sosial,mereka perlu gebrakan dan diberi pengertian bahwa hanya Islamlah satu-satunya yang bisa memberikan kebangkitan dan perubahan kearah lebih baik karena solusi yang ditawarkannya meyeluruh dan pastinya berasal dari sang mudabbir ALLAH AZZA WAJALLA yang lebih tahu apa yang paling baik untuk hamba-NYA.

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: